MAKALAH
INFOTAIMENT SEBAGAI INFORMASI DAN HIBURAN BAGI
MASYARAKAT
Mata Kuliah : Perkembangan Teknolohi Komunikasi
Dosen
Pengampu : Iksander.S.Sos
Disusun oleh
:
Kelompok Buaya Gosip
Ketua:Ferdiana
Anggota: Syahroni
Syamsudin
Ahmad Sunaidi
Evi Afriliani
Murjaan Firmansyah
Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik P.12
Sungailiat Bangka Belitung
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Infotainmen sebagai isi media massa dan salah
satu genre jurnalistik, hadir di Indonesia pertama kali sebagai konten majalah
dan koran, selanjutnya merambah masuk ke media televisi sejak ditayangkan pada
24 Agustus 1997. Infotainment muncul sebagai program TV yang tidak hanya unik
tetapi juga bergengsi
Penggabungan aspek informasi dan hiburan menjadi
konsep utamanya. Meskipun tidak harus melulu mengangkat masalah selebritas,
acara infotainment di Indonesia didominasi oleh tema selebritas artis maupun
orang-orang ternama. Dapat memuaskan rasa haus dahaga keingintahuan tentang
artis dan pesohor yang dikagumi masyarakat hingga infotaiment cepat mendapat
tempat di hati pemirsa televisi
Infotainmen yang hadir di televisi dengan
frekuensi dan rating yang tinggi serta dapat diakses siapapun, tentunya
memiliki dampak sosial yang positif dan negatif bagi pemirsanya.
B.Rumusan Masalah
1.Apa manfaat dampak positif infotaiment bagi masyarakat?
BAB II
PEMBAHASAN
Sebenarnya, makna infotainment sendiri yakni
sebagai gabungan dari informasi (information) dan hiburan
(entertainment).Tentang keberhasilan seorang artis atau memperkenalkan artis
pendatang baru beserta seluk beluk kehidupannya merupakan hal yang menghibur
masyarakat atau pemirsa agar tek melulu penat karena berkutat dengan aktivitas
kegiatanya yang padat .Hal ini bisa dijelaskan dengan mudah. Infotainment
berhasil meyakinkan masyarakat bahwa masalah-masalah kehidupan artis seperti
diatas sangat wajib dan penting untuk diketahui. Masyarakat yang antusias akan
semakin menggemari tayangan infotainment .
Pemberitaan infotainment ini terkait dengan
Teori Kultivasi (Cultivation Theory) menurut George Gerbner . Teori ini
cenderung sekarang berkembang karena penonton akan banyak terpengaruh oleh
tingkah laku dan sisi kehidupan sang artis atau tokoh idola mereka.Termasuk
remaja sekarang yang banyak mengikuti cara berbusana artis pujaan mereka
termasuk hal hal yang dusukai oleh idola mereka ikut menjadi hal yang akan
dilakukan juga oleh mereka.Dan hal itu talk jarang menimbulkan motivasi untuk
sukses seperti artis idola mereka tersebut.
Dari keseluruhan informasi mengenai selebritis
itu pula, semua tidak luput dari peran media massa dalam menyorot kehidupan
mereka yang memiliki muatan sensasi dan privatisasi yang dimiliki selebriti-selebriti
tersebut. Media ini dapat disebut juga pekerja infotainment. Wartawan ini
bertugas mencari berita para selebritis atau orang-orang terkenal yang
berkecimpung di dunia entertainment. Banyak pro dan kontra mengenai
infotainment. Masyarakat ada yang menilai bahwa infotainment sangat menarik dan
bermanfaat pada saat seseorang merasa bosan dengan rutinitas dan memerlukan
informasi yang berisikan tentang apa saja yang berhubungan dengan artis atau
tokoh entertainment idola mereka.
Walaupun ada masyarakat memandang bahwa
infotaiment tidak bermanfaat tapi tidak semua tayangan infotaiment berbau
gossip malah ada yang menginspirasi,mennyentuh hati,memberi tauladan dan contoh
yang baik.Seperti halnya seorang Agnes Monica artis belia multitalenta yang
kini menjadi idola dan contoh yang baik bagi generasi muda untuk mewujudkan
cita cita Go Internasional .Kemudian peristiwa peristiwa yang menyentuh hati
saat kita mendapat berita pesohor kita atau artis meninggal dunia yang akan
membuat kita mengingat karya karya mereka.Disamping itu Infotaiment diperlukan
juga untuk mengetahui bagaimana seorang artis atau pesohor menjalani
kehidupannya.Dan dirasa sudah cukup pandai individu yang menjadi penikmat
infotaiment dalam menyerap apa yang ditontonnya.
Kenapa kita perlu membela infotainment? Karena
infotainment memperkenalkan kita dengan keterbukaan dan fakta social juga . Dia
juga memperkenalkan secara sukses liberalisme cara berfikir, dimana lingkungan
sosial berhak dan bisa tahu tentang kehidupan orang lain. Jadi kontrol sosial
yang bersifat liberal pun mendapatkan tempat dan haknya. Orang-orang bisa tahu
misalnya tentang kasus Syeh Pudji yang mengawini anak umur 12 tahun. Di masa
lalu infotainment pun berhasil memblow up persoalan pernikahan kembali Aa Gym.
Di ruang infotainment itu para penentang penindasan perempuan bisa berbicara
secara lebih bebas. Di sana orang-orang bisa tahu bahwa seorang figur penting
telah berusaha menyembunyikan kesalahan kesalahan. Dalam hal ini infotaiment
telah berjasa dalam hal meruntuhkan mitos-mitos yang ada bahwa seseorang figur
penting dan berkuasa adalah benar-benar baik dan bersih dari kesalahan.
Hal ini merupakan suatu proses pembelajaran yang
sangat berguna bagi peradaban. untuk memantang kekuasaan yang korup dan
menindas. Kekuasaan yang korup dan menindas pun akan berhati-hati kepada rakyat
karena tindak-tanduk mereka selalu diamati lekat-lekat oleh para wartawan
infotainment dan rakyat. Dalam waktu singkat rakyat bisa tahu kesalahan seorang
tokoh yang diagung-agungkan.
Dan infotainment memiliki satu kekuatan yang
sangat besar. Infotainment disukai oleh tua dan muda. Infotainment disukai oleh
ibu-ibu dan remaja. Kaum ibu-ibu dan remaja selama ini adalah kelompok yang
cenderung tidak terlibat dalam politik,. Dalam hal ini infotainment memiliki
jasa tak terhingga dalam proses pemberdayaan masyarakat yang kurang informasi.
Infotainment memiliki prestasi yang luarbiasa
karena keakuratan penggalian datanya yang terbukti baik selama ini. Fakta-fakta
yang digali oleh infotainment demikian dalam dan akurat. Apa yang tidak
dibayangkan oleh para pemirsa dan masyarakat bisa digali dengan cepat dengan
berbagai cara. Para wartawan infotainment memiliki kegigihan luar biasa untuk
menongkrongi rumah sang subyek berita.
Infotainment juga merupakan wahana dimana
ekspresi mode dan fashion Kita bisa menyaksikan bahwa di ruang infotainment
maka para perempuan bisa mengekspresikan kebebasan berpakaian sesui trend an
mode masa kini. Masyarakat akan diajarkan untuk mengikuti perkembangan zaman.
Masyarakat bisa tahu bahwa di lingkungan yang lain ada cara berpakaian dan
bergaul yang lebih sehat dan modis .
Mari kita bentuk agar masyarakat kita adalah menjadi masyarakat
yang terbuka dan melek informasi. Mari kita juangkan agar para penguasa tidak
lagi bisa menyembunyikan borok-borok mereka di mata rakyat.
BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN :
Jadi pada dasarnya setiap tayangan di televisi
atau di media baik elektronik maupun massa mempunyai efek positif dan negative
terhadap penikmatnya.Termasuk infotaiment yang juga banyak menuai pro dan
kontra tapi kembali lagi pada individu penikmatnya yang sudah mulai pintar
memfilter apa yang dinikmatinya di tayangan infotaiment tersebut.Infotaiment
yang menyajikan sisi baik dan buruk kehidupan pesohornya akan membuat kita terutama
ibu ibu dan juga remaja puteri untuk melek informasi.Karena memang kaum ibu
ataupun remaja puteri tak terlalu banyak yang suka tayangan yang berbau
ekonomi,politok dan hal hal yang serius lainnya.Melalui infotaiment sedikit
banyak akan membuat mereka ikut menyerap informasi yang berbau
politik,ekonomi,sosbud yang dikemas dalam sajian hiburan dan selebritis.Dan
pantaslah jika kita menjadikan Infotaiment sebagai sarana informasi dan hiburan
bagi masyarakat.So,kenapa kita harus benci infotaiment…Toh semua tergantung
perspektif dan cara kita menikmatinya bukan?
Tidak ada komentar:
Posting Komentar